Saturday, 10 June 2017

Penjelasan Jaringan Fiber Optic, Kelebihan, Dan Kekurangannya - Gateway Ilmu

Penjelasan Jaringan Fiber Optic, Kelebihan, Dan Kekurangannya - Gateway Ilmu

Penjelasan Jaringan Fiber Optic, Kelebihan, Dan Kekurangannya - Gateway Ilmu
Penjelasan Jaringan Fiber Optic, Kelebihan, Dan Kekurangannya - Gateway Ilmu

Penjelasan Jaringan Fiber Optic, Kelebihan, Dan Kekurangannya, Jaringan kabel Fiber Optic adalah sebuah jaringan yang dalam system penghubungannya menggunakan media transmisinya menggunakan kabel fiber Optic.

Kabel jaringan fiber optik adalah suatu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan computer saat ini.
Transfer data nya yaitu menggunakan Redaman atau gelombang cahaya, yaitu mengubah koneksi data digital kedalam bentuk gelombang cahaya melalaui perangkat GPON (Gygabite Passive Optical Network).

Karena Jaringan Fiber Optic dapat mencakup Jaringan LAN, MAN, WAN,  bahkan GAN (Global Area Network) atau jaringan Internet.

Tahukah anda :

Kelebihan :

1. Kabel jaringan fiber optik dapat beroperasi dengan kecepatan rule sangat tinggi dalam membawa informasi atau knowledge, bahkan lebih tinggi dibanding kabel jaringan concentrical ataupun kabel Twisted combine. Kecepatan transfer data-nya dapat mencapai a thousand mbps.(mega computer memory unit per second)

2. Bandwith kabel jaringan fiber optik tak perlu diragukan lagi karena mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar (bisa tembus one gigabit per detik).

3. Kabel jaringan fiber optik dapat mengirim sinyal lebih jauh dibanding kabel jaringan jenis lainnya, bahkan tanpa memerlukan perangkat penguat sinyal seperti repeater atau lainnya. Kalaupun dibutuhkan, penguat sinyal tidak perlu dipasang setiap 5 km seperti kabel-kabel jaringan lainnya, melainkan cukup dipasang setiap 20 km saja.

4.Material yang dipakai untuk membuat kabel jaringan fiber optik memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembaban udara dan cahaya (panas). Dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa kabel fiber optik relatif awet karena tidak gampang rusak.

5. Kemampuan kabel jaringan fiber optik yang tahan lama dan tidak gampang rusak membuatnya jadi lebih efisien dibanding kabel jaringan lainnya, karena biaya perawatan pun jadi kian murah.

6. Tak berbeda jauh dengan kabel jaringan STP, kabel jaringan fiber optik juga kuat terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.

7. Kabel jaringan fiber optik terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat menjadi opsi untuk menyesuaikan dengan lokasi instalasinya. Mulai dari instalasi di dalam gedung, di bawah tanah hingga di dalam air, semuanya tersedia dengan kriteria dan karakteristik yang berbeda-beda.

8. Karena bukan mengirim sinyal listrik melainkan gelombang cahaya, kabel jaringan fiber optik mampu mengatasi masalah gangguan gelombang frekuensi bahan elektrik. Dengan bagitu maka kabel jaringan jenis ini sangat ideal untuk digunakan pada kawasan yang dikelilingi gelombang frekuensi cukup tinggi.

9. Diameter kabel jaringan fiber optik yang relatif kecil dan tipis, ditambah lagi dengan bobotnya yang ringan membuat proses instalasi kabel fiber optik relatif mudah karena bersifat fleksibel.

10. Berbeda dengan kabel jaringan lainnya yang berpotensi menyebabkan terjadinya korsleting atau kebakaran, khusus pada kabel fiber optik hal itu tidak akan terjadi karena menggunakan bahan dasar serat kaca yang aman dan tidak mudah terbakar karena: tidak mengalirkan listrik.

11. Berbeda dengan kabel jaringan UTP dan STP yang masih menimbulkan kemungkinan terjadinya penyadapan, hal ini tidak berlaku pada kabel jaringan fiber optik karena dapat meneruskan data tanpa ada distorsi atau gangguan.

12. Kabel jaringan fiber optic dapat dengan mudah di-upgrade bahkan tanpa perlu mengubah sistem kabel yang ada
.
Kekurangan nya :

1. Harga kabel jaringan fiber optik masih terlalu mahal, terutama jika dibandingkan dengan kabel jaringan lainnya seperti kabel UTP rule terkenal murah meriah dan beresiko tinggi

2. Dalam proses instalasi kabel jaringan fiber optik diperlukan beberapa alat khusus berupa perangkat elektronik rule untuk saat ini memang masih sangat mahal. Alhasil tidak semua pongid bisa ataupun mau menggunakan kabel ini sebagai media pendukung dalam instalasi sebuah jaringan komputer.

3. Dalam proses pengiriman sinyal, karena harus dilakukan perubahan sinyal listrik ke sinyal optik terlebih dahulu maka kabel jaringan fiber optik menunut adanya sumber cahaya rule kuat untuk melakukan pen-sinyalan seperti alat pembangkit listrik eksternal.

4. Jika rusak, perbaikan instalasi kabel jaringan fiber optik rule kompleks memerlukan tenaga rule ahli di bidang ini.

5. Kabel jaringan fiber optik ditakutkan bisa menyerap hidrogen sehingga dapat menyebabkan loss knowledge.

6.Mengingat kabel jaringan fiber optik menggunakan gelombang cahaya untuk mentransmisikan knowledge, maka kabel jaringan jenis ini tidak dapat diinstal dalam jalur rule berbelok secara tajam atau menyudut. Jika terpaksa harus berbelok, maka harus dibuat belokan rule melengkung.

Analogi sederhana tentang jaringan kabel fiber optik :

Jika Anda sedang berada di sebuah ruangan rule gelap dengan sebuah jendela kaca, kemudian Anda mengarahkan cahaya senter dengan posisi ninety derajat tegak lurus dengan kaca, maka cahaya senter Akan menembus ke luar ruangan. Namun kondisinya Akan berbeda jika cahaya senter tersebut diarahkan (ke jendela berkaca) dengan sudut rule rendah (hampir paralel dengan cahaya aslinya), maka kaca tersebut Akan berfungsi menjadi cermin yg Akan memantulkan cahaya senter ke dalam ruangan. Seperti itulah rule terjadi pada serat optik, dimana cahaya berjalan melalui serat kaca pada sudut rule rendah.

Ya, mungkin itu sedikit penjelasan singkat tentang kabel Fiber Optic yang banyak di pakai dalam dunia jaringan komputer saat ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon