Meletus Kembalinya Gunung Merapi Dengan Ketinggian 5.000 Meter


Gatewayilmu.com - Sudah tidak asing lagi dengan Gunung Merapi, Ya Gunung ini merupakan Gunung yang termasuk masih atif di pulau Jawa tepatnya di Yogyakarta.

Gunung Merapi inidi sekitar puncaknya memiliki Kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Merapi yang kerap kali masih dikunjungi oleh para Wisatawan lokal maupun Asing.

Merapi dikatakan sangat berbahaya karena mengalamai Erupsi atau puncak keaktifan setiap 2 sampai 5 tahun sekali akan terjadi Meletus yang mungkin tidak kita duga.

Tercatat sudah 68 kali sejak tahun 1548 Gunung Merapi Meletus, Daerah Kota Yogyakarta merupakan Kota besar berjakar sekitar 27 km dari puncak gunung dan terdapat desa-desa di sekitar lerengnya sampai ketinggian 1700 Meter an dari Puncaknya.

Tidak Terduga, Gunung Merapi Meletus, Tinggi Kolom 5.000 Meter dari Puncak

 
Meletus Kembalinya Gunung Merapi Dengan Ketinggian 5.000 Meter - Gatewayilmu.com
Meletus Kembalinya Gunung Merapi Dengan Ketinggian 5.000 Meter - Gatewayilmu.com
Pada Tahun 2020 ini Gunung Merapi mengalami Erupsi kembali, Erupsi Gunung Merapi tersebut tercatat Seismogram dengan Amplitudo 75 mm dengan durasi 7 menit an.

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah ini kembali Meletus pada hari Jumat, 27 Maret 2020 pada pukul 10.56 WIB.

Badan Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG Yogyakarta) mencatat pristiwa tersebut terhitung Seismogram dengan Amplitudo 75 mm dan durasi sekitar 7 menit an.

Tinggi Kolom 5.000 Meter dari Puncak, Gunung Merapi Meletus

 
Meletus Kembalinya Gunung Merapi Dengan Ketinggian 5.000 Meter - Gatewayilmu.com
Meletus Kembalinya Gunung Merapi Dengan Ketinggian 5.000 Meter - Gatewayilmu.com
letusan tersebut teramati tinggi kolom Erupsi kurang lebih 5.000 Meter dari Puncak, Arah anginnya saat Erupsi mengarah ke barat daya.

Ternyata sebelum Gunung Merapi ini meletus, Juga terjadi Erupsi pada hari Selasa, 3 Maret 2020 pada puku 05.22 WIB lalu, Letusan tersebut memiliki tinggi kolom 6.000 Meter an dan mengakibatkan sejumlah ilayah disekitarnya diguyur hujan abu vulkanik.

Jika ditotal sejak tahun 1589 sampai saat ini tahun 2020 berati Gunung Merapi sudah Meletus sekitar 69 kali dan tentu mengakibatkan dampak bagi daerah di sekitar lereng tersebut.

Sampai saat ini Gunung Merapi masih dalam pantauan BPPTKG Yogyakarta dan semoga Warga, Masyarakat disekitar nya terjaga dan dalam keadaan baik-baik saja tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan ya.

0 Response to "Meletus Kembalinya Gunung Merapi Dengan Ketinggian 5.000 Meter"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel